Fakta Baru tentang Kematian Ernest Hemingway

Saturday, July 2, 2011
hotchner besama Hemingway/ap

Hemingway besama Fidel Castro

SELAMA lima dekade,wartawan sastra, psikolog, dan penulis biografi telah mencobamengungkap mengapa Ernest Hemingway bunuh diri, menembak dirinyasendiri.

Ada beberapa yang menyatakan bahwa dia mengelami depresi, dan ada juga yang mengatakan ia menderita gangguan kepribadian.

Menulis dalam New York Timespada peringatan 50 tahun kematian Hemingway, AE Hotchner, penulisHemingway, mengatakan dia yakin bahwa pengawasan FBI sangatberkontribusi besar terhadap penderitaan dan aksi bunuh diri Hemingway.

Menurut Hotchner, Hemingway benar-benar takut pembicaraannya akan disadap, dan diikuti FBI  kemanapun dia pergi.

Hemingway  dikutit oleh FBI karena ia memiliki hubungan dekat dengan Fidel Castro, sang penguasa Kuba kala itu.

ErnestMiller Hemingway (lahir 21 Juli 1899 - meninggal 2 Juli 1961 pada umur61 tahun) adalah seorang novelis, pengarang cerita pendek, dan jurnalisAmerika. Gaya penulisannya yang khas dicirkan oleh minimalisme yangsingkat dan dengan gaya seadanya (understatement) dan mempunyaipengaruh yang penting terhadap perkembangan fiksi abad ke-20.

Tokoh-tokohprotagonis Hemingway biasanya stoik, seringkali dilihat sebagaiproyeksi dari karakternya sendiri-orang-orang yang harus memperlihatkan"keanggunan di bawah tekanan." Banyak dari karyanya dianggap klasik didalam kanon sastra Amerika.

Hemingway, yang dijuluki "Papa,"adalah bagian dari komunitas ekspatriat pada 1920-an di Paris, sepertiyang digambarkan dalam novelnya A Moveable Feast. Ia yang dikenalsebagai bagian dari "Generasi yang Hilang," sebuah nama yang diciptakandan dipopulerkan oleh Gertrude Stein, mengalami kehidupan sosial yangpenuh dengan badai, menikah empat kali, dan konon menjalin banyakhubungan romantis semasa hidupnya.

Hemingway memperoleh HadiahPulitzer pada 1953 untuk The Old Man and the Sea. Ia memperolehPenghargaan Nobel dalam Sastra pada 1954, meskipun ia mengatakan bahwaia akan berbahagia-lebih berbahagia bila hadiah itu diberikan kepadapengarang yang cantik itu Isak Dinesen. (*) 

0 comments:

Post a Comment